Genset ini ditemukan oleh dua orang ilmuwan ini yaitu Michael Faraday dan Rudolph Diesel. Michael Faraday pada tahun 1831 menemukan induksi elektromagnetik yang kemudian berkembang menjadi generator modern. Michael Faraday menggunakan cincin induksi untuk menemukan induksi elektromagnetik. Induksi listrik di kawat dengan menggunakan efek elektromagnetik dari arus kawat lain merupakan transformator pertama dan kemudian dilanjutkan dengan penemuan proses induksi magnet-electric (produksi arus listrik stabil).
Pada mesin terpasang dua kawat dengan menggunakan kontak geser ke disk tembaga, di putar pada disk melalui kutub magnet dan menghasilkan arus searah terus menerus. Mesin tersebut merupakan generator pertama yang dibuat.
Pada tahun 1982 Hippolyte Pixii, seorang produsen peralatan dari Perancis menyempurnakan mesin genset yang ditemukan oleh Michael Faraday. Hippolyte menemukan kekurangan pada mesin genset buatan Faraday yaitu listrik yang dikeluarkan dari tahap gesekan cakram tembaga sangat kecil. Pada akhirnya Hippolyte Pixii menambahkan dinamo pada mesin genset Faraday. Dinamo tersebut merupakan alat bantu dalam menghasilkan aliran listrik tambahan sehingga daya yang ditampung lebih banyak.
Genset dari Faraday dan Pixii tersebut kemudian disempurnakan lagi oleh Antonio Pacionotti. Pacionotti menganggap bahwa pada mesin genset tersebut terdapat kekurangan saat menghasilkan daya listrik karenamenginduksi aliran arus listrik tanpa diikuti arus selanjutnya. Kemudian pacionitti mengubah alat pada kumparan menjadi kumparan torodial yang dia ciptakan.
Rudolph Diesel menemukan generator diesel dan mematenkan hasil penemuannya pada tahun 1892. Mesin yang dipatenkan oleh Rudolph Diesel adalah mesin dengan metode dan desain mesin yang pembakaran akan berlangsung di silinder. Rudolph ingin membuat mesin diesel yang memiliki efisiensi yang baik, dengan kegigihan dan kerja kerasnya Rudolph berhasil memproduksi mesin diesel yang mempunyai efisiensi 75%. Desain mesin yang terdiri dari kopling mesin diesel dan generator masih digunakan sampai sekarang. Biasanya genset diesel memiliki ukuran yang agak besar, berat, dan memiliki suara yang bising, tetapi seiring berkembangnya teknologi gneset diesel sekarang ini desainnya disesuaikan dengan kapasitas dan kebutuhan, suaranya pun sudah berkurang tingkat kebisingannya dan hamper sebanding dengan genset bensin.